Jumat, 28 Maret 2014

PUTRAJAYA, KOTA INDAH YANG SUNYI



Hari Ketiga Belas, Senin, 10 Maret 2014
Putrajaya, aku sudah sering mendengar namanya. Putrajaya itu apa? Kelihatannya keren sekali. Aku baru tahu, Putrajaya itu adalah kota pemerintahan. Isinya kantor-kantor pemerintahan. Tak ada sama sekali rumah penduduk. Hanya ada perkantoran.

Kami kesana menggunakan KTM seharga 10 RM hasil patungan paroan dengan Pak Yahya. Pak Yahya yang mengajak kami jalan-jalan ke Putrajaya. Beliau ingin kami melihat lebih dekat. Apa itu Putrajaya.  Perjalanan dengan KTM sangat nyaman, lebih nyaman dibanding Rapid KL, LRT sekalipun. Cepat dan nyaman. Aku bersyukur selama di Malaysia ini merasakan alat transportasi dari mulai jalan kaki, hingga transportasi paling keren.

Perjalannan Putrajaya hari ini sangat melelahkan. Bagaimana tidak. Kami salah jalan. Dalam ketidaktahuan kami, ada orang-orang yang memberi arah yang salah pada kami. Berjalan 2 jam tapi menuju arah yang salah. Allah...

Berulang kali kami mencoba mencari tumpangan, setelah setengah jam baru kami menemukan tumpangan dan menuju stesen bis yang akan membawa ke Putrajaya. Hanya kami yang perempuan dan Wawan. Sementara Pak Yahya dan teman lainnya jalan kaki. Jalan kaki 8 km? Allah mereka benar-benar kuat!

Sayangnya kami tidak berfoto di Putrajaya. Sholat isya’ di Masjid Putra yang megah dan menikmati malam di Putrajaya adalah kebahagiaan yang luar biasa. Perjuangan yang mengharukan, setidaknya untuk saya. Bagaimana tidak? Teman-teman mengangkat saya, karena tak ingin saya tiarap melewati batas jalan raya.

Putrajaya adalah kota pemerintahan, kota yang sunyi bahkan lebih bisa dikatakan Kota Mati. Kota mati yang luar biasa indah. Semua pemerintahan sentral Malaysia berada disini. Kondusif, tak seperti kota pemerintahan indonesia Jakarta yang bising dan metropolis. Ah... malaysia bukanlah Indonesia dan Indonesia bukanlah Malaysia. Tentu saja semuanya berbeze. Tak ada salahnya mengambil yang baik dari Malaysia untuk kemajuan Indonesia.

Hari ini Allah... aku bersyukur atas perjalanan ke Putrajaya. Bersyukur atas kebersamaan ini. Alhamdulillah.

Hari selanjutnya disini
 

1 komentar:

  1. putrajaya kota mati ??? datanglah ke putrajaya pada hari bekerja baru tau kota mati ke tidak...putrajaya pada hari cuti sabtu/ahad atau cuti umum memang sunyi..sabtu dan ahad adalah hari terbaik untuk berwisata ke putrajaya..putrajaya akan lebih cantik di malam hari.

    BalasHapus