Minggu, 23 Juni 2013

Sekarang Kamu Tahu Bedanya kan?

Rempah fungsinya untuk memberi rasa, aroma, dan warna khas pada masakan. Rempah sudah dikenal lama di Asia dan Timur Tengah. Rempah sudah dikenal sejak tahun 1500BC, yaitu berupa jintan, kapulaga, adas, klabet, mesoyi untuk ramuan pembalur tubuh.
Macam-macam rempah yang sering kita jumpai di Indonesia antara lain:
  1. Ketumbar, berbentuk bulat kecil berwarna cokelat muda atau cokelat kekuningan ada tekstur di permukaan kulit ketumbar. 
  2. Jintan/cumin, bentuknya seperti jarum kecil panjangnya 5-6mm dengan lekukan-lekukan. Warnanya cokelat muda /kehijauan/keabu-abuan. Biasanya dipakai berpasangan dengan ketumbar.

  3. Adas Manis/ Caraway, bentuknya mirip jintan yaitu panjang-panjang kecil, hanya saja ia bergelombang di bagian ujungnya, dan bergerit-gerit. Baunya wangi dan tajam. Sering dimasukkan ke dalam keju atau roti.
  4. Pala dan bunga pala, bentuknya bulat lonjong, permukaaannya halus berupa cangkang berwarna cokelat. Buah pala ini dibungkus dengan lapisan berwarna merah atau kekuningan. Lapisan inilah yang disebut dengan bunga pala. Pala yang masih berbentuk biji harus diparut dulu sebelum digunakan.
  5. Merica/ lada, adalah buah dari tanaman yang menjalar. Bentuknya tandan kecil berisi butiran-butiran buah kecil. Mirip seperti ketumbar, tapi permukaannya halus dan warnanya cenderung putih. Baunya tidak terlalu tajam, dan memberi rasa  pedas. Ada 2 jenis yaitu, merica putih dan merica hitam.
  6. Kapulaga/ Garda Munggu/Cardamon, bentuk buahnya lonjong dan bulat. Ada yang berwarna hijau, putih, dan hitam. Di dalamnya ada biji kecil-kecil baunya harum. Dijual bulat (utuh) atau bubuk. Banyak dipakai untuk bumbu kari atau gulai, juga untuk bumbu cake, bolu atau kue lainnya. 
    7. Jahe adalah dalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron 

    8. Kunyit adalah Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet


    9. Kencur; Berbagai masakan tradisional Indonesia dan jamu menggunakan kencur sebagai bagian resepnya. Kencur dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak. Jamu beras kencur sangat populer sebagai minuman penyegar pula. 
    10. Lengkuas adalah  Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan
     11. Kunci, biasanya dibuat jamu dan juga bumbu sayur bayam bening

    12. Temulawak
    Kalau sulit membedakan bentuknya, cium saja baunya. Baunya beda kok ^_^
    Sekarang kamu tahu kan bedanya, Girls?
     

1 komentar:

  1. bagus...
    silakan jika berkenan singgah ke www.maharprastowo.com

    BalasHapus