Selasa, 22 Januari 2013

Yuk Minum Susu !!


Siapa yang suka minum susu nih sobat? Ayo angkat kaki, eh angkat tangan ding. Nah tau nggak sih apa manfaat susu. Buat tulang, iya bener. Pertumbuhan, yap. Apa lagi?
Tahukah kamu, manfaat susu itu, diantaranya:
1. Susu menolong membentuk otot kamu
2. Susu menolong kamu menurunkan berat badan
3. Manfaat susu pada bunda hamil pasti amat banyak, tak hanya untuk sang bunda susu berguna untuk pembentukan janin dalam tubuh bunda.
4. Susu sapi berpotensi mempertahankan kulit tetap bersinar sebab kandungan susu : tembaga, zat besi serta vitamin A
5. Susu sapi bisa menetralisir racun dalam tubuh
6. Vitamin B2 dalam kandungan susu sapi berpotensi menambah penglihatan.
7. Kandungan seng dalam susu mampu menyembuhkan luka dengan cepat
8. Berpotensi menambah efisiensi kerja otak besar sebab kandungan seng, yodium serta lecithin yang ada dalam susu.

Tapi sayangnya aku nggak suka minum susu Za, amis, eneg. Buat kamu yang nggak suka dan anti banget sama susu sapi. Ada nih alternative susu lain yang tetap menyehatkan tapi tidak amis.


Apa itu? Ya. Susu Kedelai. Nah kemarin saya coba buat susu kedelai sendiri. Dan Alhamdulillah berhasil Sobat ^_^
Mau tau resepnya. Cekidot !!!


  1. Siapkan 250 gram kedelai ( kalau disini, 250 gram kedelai dua ribu lima ratus saja)
  2. Rendam dengan air dingin selama 8 jam
  3. Setelah delapan jam, kuliti ( tinggal remas saja, lalau limbang)
  4. Siapkan blender.Blender kedelai (250 gram kedelai 10 gelas air)
  5. Saring kedelai dengan kain kasar. Selesai. Saring lagi dengan kain yang kecil seratnya
  6. Kita sudah dapat sari kedelai sekarang. Rebus dengan api sedang hingga mendidih. Ingat! Aduk terus sampai mendidih, agar sari tidak menggumpal
Dan taraaa…akhirnya susu kedelai kita sudah siap minum. Mau diminum hangat mantap, diminum dingin seger!!

Nah. Ini dia manfaat susu kedelai

Manfaat terbesar dari susu kedelai adalah isoflavon. Ini adalah bahan kimia mirip yang dengan hormon estrogen. Isoflavon terhubung ke masalah kesehatan dan bertanggung jawab untuk mencegah banyak kanker, penyakit jantung, osteoporosis, dan banyak penyakit lainnya.

1. Sumber protein
Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi. Bedanya, protein dari susu kedelai merupakan protein nabati dimana sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

2. Baik untuk jantung
Susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung karena jumlah lemak jenuh pada susu kedelai sangatlah sedikit. Lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol “buruk” (LDL) serta bisa meningkatkan risiko jantung. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. selain itu, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, sehingga aman bagi anda yang takut gemuk.

3. Tidak mengandung laktosa
Kandungan laktosa yang ada pada susu sapi bisa membuat alergi pada orang tertentu. Oleh sebab itu, susu kedelai merupakan salah satu alternatif terbaik bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi.

4. Alternatif Bagi Bayi yang menderita galaktosemia
Susu kedelai bisa menjadi alternatif dan aman untuk bayi dengan gangguan galaktosemia. Galaktosemia merupakan kelainan di mana kadar glaktosa yang tinggi dalam darah. Gangguan ini ditandai dengan kondisi bayi yang tidak toleran pada susu. Biasanya, tubuh bayi menampakkan beberapa gejala yang mengkhawatirkan seperti diare, kejang perut, kembung sampai gejala keracunan hati & ginjal yang parah.

5. Tidak menyebabkan alergi
Selain sebagai minuman yang ideal untuk mereka yang tidak toleran terhadap laktosa dan yang menderita galaktosemia, susu kedelai tidak menyebabkan alergi karena bebas kasein, gluten, dan MSG.

6. Membantu dalam penurunan berat badan
Susu kedelai menyebabkan penurunan berat badan karena tiga alasan :


So, Sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak suka minum susu. Susu kan mahal Za!

Ya, saya tahu, susu memang sedikit mahal bagi mahasiswa. Mending uangnya buat makan. Sobat, memulai hidup sehat memang sulit tapi bisa kok  Niatkan untuk hidup sehat, berkualitas, dan peduli pada diri sendiri. Asalkan kita mau, daripada uangmu dibelikan fast food dan snack-snack itu. Mending dibelikan sekotak susu. Tak susu sapi ya susu kedelai.


Yuk minum susu !!
Depok 22, Januari 2013

2 komentar:

  1. terima kasih informasinya. Saya baru tahu kalau susu bisa membentuk otot tubuh. badang saya kurus jadi otot sangat perlu agar saya tidak terlalu kelihatan kurus. Jadi, sepertinya saya harus meminum susu setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah membaca. Semoga usaha susu kambing etawa Anda sukses =D

      Hapus