Jumat, 10 Januari 2014

ZONARIZZA Anniversary


Saya mengelola ZONARIZZA sejak awal tahun 2011. Kurang lebih sudah tiga tahun ia menjadi 'rumah' maya saya. Tiga tahun pula saya tuliskan semuanya. Saya posting begitu saja, dulu dibaca orang atau tidak? saya tak terlalu memikirkannya. Saya hanya ingin menulis. Itu saja.

Kini sejak saya memposting tulisan di ZONARIZZA untuk pertama kalinya, berarti ini adalah hari ulang tahun ZONARIZZA. Sebenarnya saya termasuk pribadi yang acuh pada peringatan ulang tahun, bagi saya ulang tahun itu adalah sebuah reflekksi hidup. Bukan untuk diagungkan dengan satu pesta tapi untuk dimuhasabahi sebagai satu tahun berkurangnya usia. Usia hidup. Kalau pun ada ucapan selamat dan doa-doa. Saya sangat berterima kasih, tapi jika tak ada pun, atau tak ada yang mengingatnya, saya pun tak apa-apa. Karena saya sendiri kadang juga lupa kalau di tanggal itu saya lahir kedunia.

Sekarang setelah usia keilmuan saya mulai matang. Saya mulai memilih apa yang saya tuliskan. Sekarang moto saya bukan dibaca orang atau tidak tak masalah. Tapi orang lain ‘harus’ baca. Kata harus disini bukan berarti pemaksaan tapi lebih untuk motivasi diri saya sendiri, agar menulis yang bermanfaat untuk untuk orang lain, yang jika orang baca ia  akan mendapatkan sesuatu. Ada yang membekas di hatinya setelah dia berkunjung di ZONARIZZA.



ZONARIZZA ini berisi tulisan-tulisan saya, ada cerita sehari-hari apa yang saya alami, saya tuliskan pula tentang orang-orang inspiratif yang pernah saya temui. Berharap orang lain bisa mengambil hikmah dari kisahnya. Saya juga iseng menulis dengan label Dapur Rizza, isinya tentang resep-resep yang pernah saya masak atau tentang serba-serbi dunia nutrisi. Harap maklum, saya seorang wanita. Saya juga ingin pintar memasak seperti ibumu, karena kelak saya juga akan jadi ibu.

Hari ini, tiga tahun ZONARIZZA, saya merasa perlu membuat tulisan ini. Minimal untuk mengapresiasi diri saya sendiri karena berhasil menulis banyak hal dan masih terus merawat blog ini. Meski di tahun pertama, satu bulan mungkin hanya satu postingan saja tapi saya lihat grafik tulisan saya terus meningkat tiap bulan dan tahun. Tulisan ini hadiah untuk itu, juga memotivasi diri saya untuk menulis dan menginspirasi lebih banyak lagi.



Akhir-akhir ini saya merasakan keuntungan menulis banyak hal di blog. Salah satunya untuk konfirmasi dan menjawab semua pertanyaan banyak orang. Tanpa saya sadari jawaban dari semua pertanyaan itu telah saya tuliskan dan saya posting di ZONARIZZA sejak lama. Jadi saya tak perlu lagi bercerita, karena saya telah menuliskannya.


Saya percaya bahasa tulisan adalah bahasa yang paling menggugah yang pernah ada. Untuk itulah kenapa saya senang menulis dan ZONARIZZA adalah tempat dimana saya menyimpan tulisan-tulisan saya. Tanpa harus berharap diterima atau takut tertolak, karena ZONARIZZA menerima tulisan saya apa adanya


Sudah tiga tahun, tanpa terasa jari jemari ini sudah menuliskan banyak hal, sudah menyimpan banyak file. Semoga apa yang saya tulis bisa terbaca dan membekas pada semuanya dan semoga saya terhindar dari menulis hal-hal yang membawa saya pada api neraka. Setidaknya jika ada ‘tamu’ yang berkunjung kesini, semoga mereka tidak kecewa.


Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang mengajarkan saya menulis. Ibu saya, yang mengajari saya A, B, C dan membaca. Guru-guru saya dari TK sampai Aliyah yang membuat saya gandrung membaca. Dosen-dosen saya yang memotivasi saya untuk terus belajar mendalami literatur dan jurnal-jurnal. Melatih otak saya untuk berpikir ilmiah. Kalian guru-guru saya. Sekarang saya tumbuh mendewasa dan berhajat melanjutkan perjuangan mendidik anak bangsa. Semoga saya bisa meneladani ilmu kalian.

Teman-teman organisasi saya. UKM LKP2M dan Forum Lingkar Pena. Gus dan Ning LKP2M, terima kasih telah mengajarkan saya tentak nikmatnya bertukar keilmuan. Mengkaji banyak hal. Kalian yang memperbesar nyali saya menuntut ilmu dan terus menulis. Dari kalian saya mengenal ilmu penelitian, saya mulai meneliti dan saya bermimpi menjadi peneliti. Teman-teman FLP Cabang Malang, terima kasih telah memberi saya banyak ilmu tentang menulis fiksi. Sejak mengenal kalian saya semakin mencintai dunia fiksi. Kepada FLP UIN Maliki, terima kasih telah mengajarkan saya arti berjuang dan memberi. Sejak di FLP UIN, saya mulai malu jika saya tidak menulis. Sebagai senior, saya harus memberi contoh yang baik. Saya masih belajar menulis, kemarin, kini dan nanti.

THIRD ZONARIZZA ANNIVERSARY, Malang, 10 Januari

****3 tahun ZONARIZZA. Happy Birthday. Terima kasih telah mendekap erat coretan-coretan saya ****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar