Kamis, 26 Desember 2013

SWEET MUTIARA

Ini bukan mutiara perhiasan itu lho Sista and Bunda, ini mutiara yak nikmat dan oke punya, biasanya mutiara dibuat campuran es campur atau jadi toping di es krim. Saya terpikir buat resep yang saya namai sweet mutiara ini gara-gara kemarin organisasi saya FLP UIN kedatangan tamu, pembina kami. Saya berpikir, “masak tidak disuguhi apa-apa?” “atau disuguhi roti, tinggal beli roti kerdusan, selesai”
Ah, tapi itu semua terlalu jamak, saya berpikir kenapa tidak saya buatkan sendiri saja? apa kek yang ada. Saya teringat kalo saya punya sisa mutiara satu bungkus plus tepung hungkwe sisa buat kolak beberapa hari sebelumnya. Prediksi teman-teman yang datang 40 an orang, tinggal beli mutiara dan tepung hungkwe plus gula di pasar dan Jadilah resep sweet mutiara ini. Cekidot!

Bahan :
3 bungkus mutiara
3 bungkus tepung hungkwe warna putih
300 gram gula pasir
Santan (setengah kelapa, cairkan kira-kira 3 gelas air)
Daun pandan
Vanili


Masak-masak...
1.       Masak mutiara (3 bungkus berarti enam gelas air, tunggu hingga mutiara mengembang) sisihkan
2.       Tepung hungkwe, tempatkan pada panci lalu siram dengan air panas ( agar  tepung hungkwe tidak menggumpal) aduk hingga larut
3.       Masukkan gula, vanili. Panaskan terus aduk
4.       Masukkan santan dan daun pandan (biar sedep baunya ^_^), aduk terus agar santan tidak pecah, kira-kira 5 menit
5.       Masukkan mutiara, aduk kembali kira-kira 5 menit
Sweet mutiara sudah matang... ^_^
Tempatkan pada plastik bening, biar enak, tinggal comot dsn makan tanpa khawatir lengket di tangan ^_^
Oya, agar lebih cantik tampilannya, tambahkan potongan daun pandan di atasnya ya..


Setelah di hidangkan, seperti biasa, habis... Alhamdulillah
Tapi saya sedikit tengsin sodara, niat saya yang untuk pembina itu saya tempatkan di mika, eh malah tampilannya jadi seperti agar-agar yang hancur. Parahnya saya baru menyadari hal ini ketika mika-mika berisi sweet mutiara sudah ada di depan pembina. Oh.... malunya -_-
Jadi belajar dari itu semua, ternyata sweet mutiara ini hanya cocok ditempatkan di plastik, karena plastik rapet dan langsung menempel.

Well, itulah pengalaman dan resep sweet mutiara dari saya. Selamat mencoba

Salam
Rizza Nasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar