Kamis, 26 Desember 2013

Mie Goreng ala Rizza


Suka mie? Sama, saya juga suka. Mie itu mengenyangkan sama seperti nasi tapi tidak “seberat” nasi. Kandungan karbo di keduanya tinggi. Makanya, jangan sekali-kali mengkonsumsi nasi dengan lauk mie ya, dulu saya sering begitu, tapi setelah saya tahu, saya mencoba melatih untuk tidak makan nasi dengan lauk mie, mending nasi ditemani sayur, lebih berserat, lebih sehat ^_^
Jika kamu suka mie, mie apa yang kamu suka? Mie instan aneka rasa atau mie ayam yang suka dijaja malam-malam? Sejak saya tahu bahaya mie instan, saya mulai menjauhkan barang itu di hidup saya. Kalau benar-benar kepepet dan tidak ada lauk atau tidak ada yang di masak saya baru pakai mie instan, tentu saja dengan air rebusan yang dibuang, karena ada kandungan lilin disitu kan?
Nah, ini mie goreng ala Rizza, mie yang saya buat untuk teman-teman saya yang lagi berjuang mensukseskan open recruitment dua hari lalu. Kesepakatan ngumpul di ruangan jam 6 pagi. Mereka pasti belum sarapan...
Mie goreng ini saya buat dalam porsi besar, karena teman-teman pejuang itu ada sekitar 20 an orang
Bahan :
1 kg mie Burung Dara ( beli di pasar ada yang ½ kg an ada yang 1 kg an)
15 siung bawang merah
15 siung bawang putih
5 sdm garam ( tergantung, suka asin atau tidak lidah anda)
2 sdm lada bubuk
Kecap
Minyak goreng
Sawi dan wortel ( Sawi potong menjadi lima bagian, wortel potong korek api)
Masak yuk...


1.       Rebus sayur (kira-kira 5 menit) sisihkan
2.       Masak mie, rebus, setengah matang saja
3.       Ulek bumbu ( bawang merah, bawang putih, garam)
4.       Panaskan panci berisi minyak goreng
5.       Masukkan bumbu, tumis hingga harum
6.       Masukkan lada
7.       Masukkan mie, campur
8.       Masukkan sayuran, kecap, aduk
Karena mie-nya 1 kg, dan wajan saya tidak untuk memasak satu kg, maka saya memasaknya dua ronde, jadi per masak resep di atas dibagi 2, hehe
Tara... jadilah mie goreng ala Rizza
Saya sengaja menambahkan telur goreng sebagai lauknya, begini..
4 buh telur dan 1sdt garam, kocok lepas, tambahkan 50 gram tepung, kocok lagi
Masak di atas wajan teflon api kecil. Biarkan telur melebar, tipis saja
Lakukan sampai campuran telur habis
Gulung telur, potong-potong
Hidangkan bersama mie
Sandingkan dengan sambal... yummy ^_^


Mie: karbohidratnya
Telur: proteinnya
Wortel dan Sawi : vitaminnya
Lengkap deh...
Selamat mencoba...

Salam
Rizza Nasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar