Kamis, 26 Desember 2013

Ongol-Ongol Pelangi


Ibu saya sering buat ini kalau ada acara keluarga. Biasanya saya cuma bantu potong-potong atau menata di mika. Kemarin teman-teman ada proyek jaga stand, saya jadi terpikr bagaimana kalau saya mencoba membuatnya? Toh ada teman-teman yang siap menjadi testy-nya. Mereka pasti lapar..
Saya dapat belajar dan puasnya, teman-teman saya dapat kenyangnya, haha..

Ini bahan-bahannya
1 kg ketela pohon, kupas, parut
200 gram tepung pati
2 bungkus agar-agar swalow group warna hijau, 2 bungkus agar-agar swallow  group warna merah
250 gram gula
Vanili
Kelapa separuh, parut

Mari beraksi....
1.       Campurkan parutan ketela, gula dan tepung pati, aduk
2.       Pisahkan adonan menjadi 2 bagian sama
3.       Campur agar-agar masing-masing warna dengan setengah gelas air
4.       Masukkan agar-agar ke masing-masing adonan
5.       Jadilah ada dua adonan, warna merah dan warna hijau

Mari mengukus....
1.       Siapkan cetakan, (saya pakai cetakan roti diameter 15 cm)
2.       Lapisi cetakan dengan plastik (agar tidak lengket)
3.       Tutup pengukus, lapisi dengan kain (serbet atau apalah, kenapa? Biar air rebusan tidak menetes ke adonan
4.       Masukkan adonan warna merah (kukus selama 10 menit)
5.       Setelah adonan merah setengah matang tuangkan di atasnya adonan warna hijau (kukus selama 20 menit)

Matang, potong-potong, baluti dengan kelapa parut ( kukus kelapa parut 5 menit biar tidak mudah tengik)
Dan jadilah.... ongol-ongol pelangi ^_^


Saya menghidangkan pada teman-teman yang waktu itu lagi jaga stand workshop kepenulisan FLP UIN Maliki di temani hujan deras sore-sore. Anget anget.
Alhamdulillah ludes ^_^
Selamat Mencoba...

Salam
Rizza Nasir



Tidak ada komentar:

Posting Komentar