Rabu, 28 November 2012

Pecel Kita

Pecel. Pernahkah Anda menambahkannya di atas nasi panas Anda???
Sambel Pecel adalah salahsatu dari banayak sambel yang ada di Indonesia. JIka orang Barat punya tomato sauce, mayonese maka kita punya pecel.

Sambel pecel adalah racikan asli indonesia. Terbuat dari campuran cabe rawit, cabe merah, kacang tanah yang sudah dikuliti dan di goreng, gula aren dan asam jawa. Banyak ya??haha.
 Campuran dari semua bahan itu kemudian digerus atau dikirim ke tukang selep (mesin selep kalau di tempat saya, Kediri namanya begitu. Kalau di tempat Anda apa?)  Dan Taraa…jadilah sambel pecel ini

Percaya atau tidak, sambel pecel yang sederhana itu bisa tahan sampai empat bulan lho! Padahal tanpa satupun pengawet. Hebat kan!!
Sambel pecel cucok dicampur apa saja.  Mau pakai nasi atau sebagai bumbu krupuk pun oke. Pecel ini saking merakyatnya sampai-sampai banyak kota yang mengklaim pecel sebagai kuliner khas daerahnya. Ada pecel Kediri, pecel  Blitar sampal  pecel Madiun.  Entahlah mana yang benar. Menurut saya tak perlu diperselisihkan. Karena yang paling penting ketiga kota itu ada di Indonesia dan sambel pecel adalah kuliner asli Indonesia.

Nasi pecel  terjaja di warung, pinggir jalan, emper toko sampai restoran pun ada. Dengan harga yang relative murah berkisar antara dua ribu sampai sepuluh ribu rupiah. Tergantung belinya dimana dan ditambah dengan lauk apa.

Komposisi nasi pecel yang paling umum adalah nasi hangat ditambah kulupan (sayuran rebus). Sirami atasnya dengan sambel pecel. Tambah tempe goring dan rempeyek kacang. Hmmmm…maknyusss..
Mau ditambah ikan monggo, mau ditambah empal monggo. Yang jelas harganya berbeda. Pilih lauk yang sesuai dengan keinginan dan kantiong Anda ya….


Nasi pecel makanan asli Indonesia. Meriah. Merakyat  dan bergizi tinggi. Cocok dimakan segala usia (asal jangan bayi aja). Mau pedesnya sedang sampai yang pol pun ada. Mau di atas piring. Mau pincuk silahkan..


Lebih mantap lagi kalau Anda mensandingkan nasi pecel dengan segelas es kelapa muda. Apalagi langsung sruput dari bathoknya..
srrrppp….
Selamat ngiler ya..
Penasarannn???
Segera kunjungi warung terdekat
Kenali dan Cintai Indonesia ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar